Kamis, 30 Januari 2014

Pengobatan Maag atau Gastritis


Penyakit maag atau yang dalam bahasa kedokterannya disebut sebagai gastritis adalah kelainan fungsional dalam perut ditandai dengan berbagai gejala, seperti nyeri ulu hati, atau gangguan pencernaan dan mulas, yang paling umum. Gastritis dapat bersifat akut atau kronis.
Gastritis adalah peradangan dan iritasi pada selaput perut. Ulkus lambung adalah luka-luka lapisan lambung, atau usus kecil.
Gejala Maag/Gasitris
Dispepsia, pencernaan, muntah, sakit kepala, dan rasa tidak nyaman didalam perut. Dalam kasus ulkus, terasa nyeri di perutnya.
Penyebab Maag/Gasitris
Penyebab utama sakit maag atau gasitris adalah alkohol, kopi, makanan yang digoreng dan bumbu pada umumnya. Stres, kegelisahan dan kecemasan juga memberikan penyebab gastritis. Gastritis sering dikaitkan dengan faktor saraf, psikosomatis, kebiasaan makan atau sebagai akibat dari gaya hidup yang stres dan tidak seimbang. Baru-baru ini, teori-teori telah muncul yang menunjuk ke kemungkinan bakteri Helicobacter pilorii mengembangkan gastritis dan bisul. Evolusi gastritis dapat menyebabkan radang perut.

Pengobatan Maag atau Gasitris

1. Pengobatan Herbal
  • Asparagus (Asparagus racemosa) Asparagus dikenal sebagai sebuah antispasmodic. Ini mengurangi panas di perut.
  • Chamomile Bitter (kamomil Matricaria) Teh dari chamomile pahit efektif dalam menenangkan gastritis yang disebabkan karena ketegangan dan kekhawatiran.
  • Kapulaga (Elattaria cardamomum) Kapulaga telah menyejukkan efek pada perut. Hal ini terutama bermanfaat jika gastritis menyebabkan mules.
  • Adas (Fenneliculum vulgare) Adas digunakan sebagai obat pencernaan secara tradisional oleh orang India. Adas menenangkan perut, memfasilitasi pencernaan, mengurangi perut kembung dan mengurangi asaman berlebih pada perut.
  • Jahe (Zingiber officinale) Ekstrak jahe efektif dalam mengobati asam dispepsia yang berhubungan dengan gastritis.
  • Gooseberry India (Emblica officinalis) The gooseberry India, atau KLSLM, sangat bermanfaat dalam pengobatan beberapa penyakit perut, salh satunya gastritis.
  • Licorice (Glycyrrhiza glabra) Akar licorice dapat menenangkan peradangan dan luka pada lambung.
  • Rhubarb (Rheum emodi) Rhubarb adalah agen ringan, sehingga efektif digunakan dalam mengobati masalah gastritis pada anak. Hal ini dapat mengurangi tingkat keasaman di perut.
  • Cendana (Santalum album) Sandalwood membantu dalam gastritis karena memiliki sifat pendinginan. Hal ini dapat menenangkan otot-otot perut yang meradang karena gastritis.
2. Diet Pengobatan Gastritis
Beberapa jenis makanan harus diperhatikan dalam kasus gasitris.
  • Di antara sayuran labu putih, labu, mentimun pahit, pisang hijau dan bunga pisang yang efektif.
  • Susu sapi adalah lebih baik daripada susu kerbau.
  • Orang yang menderita maag tidak boleh membingungkan kelenjar perut mereka dengan berbagai jenis makanan pada saat yang sama. Hal ini bermanfaat jika orang tersebut terus diet tunggal. Hal ini memudahkan proses pencernaan. Oleh karena itu, diet harus kaya vitamin C. Makanan yang mengandung vitamin C untuk jumlah yang baik adalah amlas, jeruk, dll. Bahkan coklat, teh dan kopi harus dihindari karena ini dapat meningkatkan isi asam dalam perut.
  • Seseorang tidak boleh makan sampai perut sudah kosong. Pada gastritis lebih baik untuk makan dalam jumlah sedikit setiap kali, sehingga perut mendapat waktu yang tepat untuk mencerna makanan.
  • Biji wijen dan dadih harus dihindari.
3. Ayurvedic Pengobatan untuk Gastritis
     Jika ada sembelit bersama dengan gastritis, maka Avipattikara choorna diambil sebagai obat pilihan. Ada daftar persiapan Ayurvedic lainnya yang berguna dalam pengobatan gastritis. Beberapa ini adalah Dhaatri Loha, Sukumara ghrita, rasa Sootashekhara, rasa Kaamadudha, Leela Vilas rasa, rasa Chandrakala dan rasa Amalapittantaka.

0 komentar:

Posting Komentar